PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN SERPONG 1 KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Serpong 1 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan desain penelitiannya Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Serpong 1 Kota Tangerang Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan (performancetest). Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test (Pretes – Postest) uji beda dua mean data tidak berpasangan independent dengan menggunakan taraf signifikasi Pengujian hipotesis menggunakan statistik inferensial yang diawali uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t The Pooled Variance Model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan, bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran sosiodrama pada keterampilan berbicara siswa, dengan materi drama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari uji-t pretes diperoleh bahwa thitung = 0,501 dan ttabel = 2,0021 pada taraf signifikasi 5% ) dengan ini pretes yang diperoleh tidak terdapat perbedaan keterampilan berbicara antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t postes diperoleh thitung = 4,155 > ttabel = 2,0021. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak H1 diterima.Dengan ini dapat dinyatakan terdapat perbedaan keterampilan berbicara antara siswa yang diberi metode pembelajaran sosiodrama dengan siswa yang diberi metode konvensional di kelas V SD Negeri Serpong 1 Kota Tangerang Selatan.
Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Keterampilan Berbicara
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2394
Article Metrics
Abstract - 1152 PDF - 850Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.