ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA PERCAKAPAN MAHASISWA THAILAND DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Hamdah Siti Hamsanah Fitriani

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui penggunaan alih kode dan campur kode dalam percakapan mahasiswa Thailand di Universitas Muhammadiyah Tangerang antar sesama mahasiswa Tahiland dan bukan mahasiswa Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konten analisis isi (content analisys). Objek penelitian yaitu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang yang berasal dari Thailand. Data penelitian yaitu ujaran Universitas Muhammadiyah Tangerang yang berasal dari Thailand. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode simak,  teknik dokumentasi/rekaman, teknik catat. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yaitu, 1) data yang diperoleh yaitu terdapat 8 data alih kode dan 15 data campur kode. 2) pada percakapan sesama mahasiswa Thailand tidak ada terjadinya peristiwa campur kode, hanya peristiwa alih kode yang ditemukan dalam percakapan mereka, 3) pada percakapan mahasiswa Thailand dengan mahasiswa Indonesia yang juga berkuliah di Universitas Muhammadiyah Tangerang, pada percakapan ini hanya peristiwa campur kode yang ditemukan yang terjadi sebagian besar percampuran kode ke dalam unsur kata dan frasa, 4) Peralihan dan percampuran kode dalam percakapan mahasiswa Thailand sangat dipengaruhi oleh dengan siapa lawan bicara mereka.

 

Kata kunci : alih kode, campur kode, Mahasiswa Thailand


Full Text:

PDF

References


Rokhman, F. (2013). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Laiman, A., Rahayu, N., & Wulandari, C. (2018). Campur Kode dan Alih Kode dalam Percakapan di Lingkup Perpustakaan Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Vol 2 No 1 45-55.

Rulyandi, Rohmadi, M., & Sulistyo, E. T. (2014). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Paedagogia, Vol 17 No 1 27-39




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4079

Article Metrics

Abstract - 420 PDF - 388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats