ANALISIS SOAL ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA N 1 JETIS BANTUL

Anggita Fitria Prameswari, Rizka Abri Pradani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis soal ulangan harian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X di SMA N 1 Jetis Bantul. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Jetis Bantul pada kelas X MIPA 1 tahun ajaran 2020/2021. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA N 1 Jetis Bantul.   Hasil analisis menunjukkan terdapat 2 soal yang terlalu sukar ( 8%), 20 soal yang sedang (80%) dan soal yang terlalu mudah sebanyak (12%). Hasil analisis menunjukkan daya pembeda soal untuk kriteria diterima sebanyak 5 soal (20%), kriteria diterima dengan perbaikan ada 8 soal (32%), kriteria diperbaiki ada 9 soal (36%) dan kategori dibuang 3 soal (12%). Hasil analisis secara keseluruhan, yakni pada 25 soal pilihan ganda hanya ada 13 soal yang dapat diterima yaitu 52%, sedangkan soal yang tidak baik untuk digunakan ada 12 soal yaitu 48%. Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa tingkat kesukarannya sedang. Hal tersebut menunjukkan 25 soal pilihan ganda ada 80% presentase dari soal yang berkriteria sedang. Dari hasil keseluruhan soal ada 2 soal yang terlalu sukar dengan presentase 8% dan ada 3 soal yang terlalu mudah dengan presentase 12%. Daya pembeda menunjukkan daya pembeda soal dengan kriteria diterima sebanyak 5 soal dengan presentase sebesar 20%, untuk soal dengan kriteria diterima dengan perbaikan sebanyak 8 soal dengan presentase sebesar 32%, soal dengan kriteria diperbaiki ada sebanyak 9 soal dengan presentase 36% sedangkan untuk soal dengan kriteria dibuang, ada 3 soal dengan presentase 12%.

 

Kata kuncianalisis, soal, ulangan harian


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2012. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasi, S. N & Yusrizal. 2018. Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTsN di Kabupaten Aceh Besar. Master Bahasa. Vol 6 No 2 PP 195-202

Pertiwi, N. L. S. A., Arini, N. W & Widiana, I. W. Analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau dari Taksonomi Bloom Revisi. E-Journal PGSD. Vol 4 No 1 PP 1-11

Winata, N. P. S., Putrayasa, I. B. & Sudiara, I N. S. 2014. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK Negeri 3 Singaraja.Jurnal Undiksha. Vol 2 No 1




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4092

Article Metrics

Abstract - 3227 PDF - 1815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats