INTERNALISASI NILAI KARAKTER MELALUI BAHAN AJAR TEKS CERPEN BEORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER

Dede Endang Mascita

Abstract


Bahan ajar teks cerpen yang berorientasi pendidikan karakter mempersyaratkan adanya materi dan contoh serta kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan informasi dan dapat ditanamkan pada siswa untuk penguatan karakter yang diharapkan dalam kurikulum.  Penelitian ini bertujuan untuk mendesain bahan ajar teks cerpen yang dapat menginternalisasi nilai karakter kepada diri siswa. Internalisasi nilai karakter adalah upaya penanaman nilai-nilai karakter  kepada para siswa yang meliputi nilai agama, nilai budaya, nilai moral, dan nilai sosial. Bahan ajar teks cerpen untuk siswa SMA ini dirancang dengan karakteristik ulasan materi, pemilihan materi, kegiatan pembelajaran, dan latihan-latihan yang ada dalam buku semuanya berorientasi pada pendidikan karakter misalnya karakter keingintahuan untuk memperoleh pngetahuan, jujur, bekerja sama, dan tanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model 4 D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil validasi dari aspek penyajian, bahasa, dan seni grafika serta hasil implementasi bahan ajar teks cerpen memperoleh nilai rata-rata 87.75%. Angka tersebut ada pada interval 85 % -100%  yang menunjukkan kriteria sangat valid.  Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar teks cerpen sudah valid dan layak untuk digunakan di sekolah.

  Kata kunci : bahan ajar teks cerpen, nilai karkater, internalisasi nilai


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada

Rozak, Abdul. (2014). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Kurikulum Sebagai Bekal Menjalankan Kehidupan Bermartabat. Cirebon : Seminar FKIP Unswagati Cirebon.

Tarigan. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa Bandung.

Arsanti, Meilan. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI FKIP Unissula. Jurnal Kredo. Vol 1 No 2 PP 71-90

Kapitan, Yanner J., Harsiati, Titik dan Basuki, Imam Agus. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian dan Pengembangan. Vol 3 No 1 PP 100-106




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i2.4742

Article Metrics

Abstract - 920 PDF - 779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats