PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEKAR BARU KABUPATEN TANGERANG
Abstract
Tujuan yang penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap keterampilan menulis Teks Ulasan siswa kelas VIII di Negeri 2 Mekarbaru. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan jenis Nonequivalent Control Grup Desaign. Metode eksperimen digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis dengan menggunakan model Discovery Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mekarbaru Kabupaten Tangerang. Peneliti menggunakan dua kelompok yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pemilihan kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara acak (random). Dalam penelitian ini, data yang diperoleh dari pretes dan postes memberikan gambaran mengenai keterampilan menulis teks ulasan. Data yang diperoleh dari hasil tes dideskripsikan dengan menggunakan instrumen-instrumen yang dikembangkan. Data disajikan ke dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, histogram, ogive, poligon. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi peserta didik, khususnya dalam menulis Teks Ulasan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis teks ulasan yang diajarkan dengan menggunakan model discovery learning dengan yang tidak menggunakan model discovery learning.
Kata kunci : menulis teks ulasan, discovery learning
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i2.4752
Article Metrics
Abstract - 1117 PDF - 991Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.