DISKRIMINASI DAN SUPERIORITAS PEREMPUAN DALAM NASKAH DRAMA MEGA-MEGA KARYA ARIFIN C. NOER

Maya Fitrianingtyas, Bambang Eko Hari Cahyono, Dwi Rohmah Soleh

Abstract


Sastra dan tokoh perempuan adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Perempuan menjadikan sastra menjadi lebih indah dan berwarna. Tokoh perempuan tersendiri menjadi sebuah pewangi di antara jalannya karya sastra yang beraneka, seperti pada hahlnya drama. Pada naskah drama Mega-mega karya Arifin C. Noer ini, aktivitas atau alur ceritanya menggambarkan banyak diskriminasi, selain itu tokoh perempuan menjadi sentral alur dan aktivitas semua adegan yang dilakukan dalam naskah dramanya. Tidak seperti nasib tokoh perempuan kebanyakan yang menderita di dalam karya sastra Indonesia yang lain, tokoh Mae dalam naskah drama ini mampu mendominasi aktivitas dan menjadi superior dalam kelompoknya, serta mendapat pengakuan dan posisi tersendiri. Tujuan penelitian ini berusaha mengungkapkan dan menjelaskan superioritas tokoh perempuan yang ada dalam naskah drama Mega-mega karya Arifin C. Noer. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deksriptif. Deskriptif kualitatif dalam penelitian menggunakan teknik analisis isi (content analysis) untuk mengkaji unsur superioritas tokoh perempuan yang terdapat pada naskah drama Mega-Mega karya Arifin C. Noer. Langkah analisis data yang dilaksanakan antara lain 1) penyajian, 2) reduksi, dan 3) pengambilan kesimpulan. Hasil dari analisis yang dilakukan pada penelitian ini antara lain: 1) diskriminasi dan superioritas perempuan dalam bidang sosial dan 2) kekuasaan atau penguasaan perempuan dalam hal ekonomi.

Kata kunciDiskriminasi, Superioritas, Naskah Drama.


Full Text:

PDF

References


Aswiyati, I. (2016). Peran Wanita dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani Tradisional untuk Penanggulangan Kemiskinan di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat. HOLISTIK, IX(17).

Fudyartanta, K. (2012). Psikologi Kepribadian Timur. Pustaka Pelajar.

Maulidiana, A. (2020). Konflik Batin Tokoh Mae dalam Drama Mega-mega Karya Arifin C. Noer (Kajian Psikologi Sastra). Universitas Muhammadiyah Malang.

Mustika. (2016). Diskriminasi Terhadap Beberapa Perempuan Dalam Perspektif Feminisme Multikutural: Kajian Terhadap Novel Scappa Per Amore Karya Dini Fitria. Poetika: Jurnal Ilmu Sastra, IV(1).

Ratna, N. K. (2005). Sastra dan Cultural Studies: Representasi Fiksi dan Fakta. Pustaka Pelajar.

Ratna, N. K. (2007). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme. Pustaka Pelajar.

Sayuti, A. T. (2019). Pemeranan Tokoh Ma’e Dalam Naskah Mega-Mega Karya Arifin C.Noor Dengan Metode Akting Stanislavsky. Creativity And Research Theatre Journal, 1(1), 1–12.

Sumardjo, J., & Saini. (1986). Apresiasi Kesusastraan. PT. Gramedia.

Widodo. (2020). Moral Dan Nilai Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Dunia Sophie Karya Jostein Gander. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5096

Article Metrics

Abstract - 1517 PDF - 1897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats