PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA MAKALAH MAHASISWA

Hera Wahdah Humaira, Asep Firdaus

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang digunakan serta untuk mengklasifikasikan bentuk kesalahan ejaan bahasa Indonesia yang digunakan.  Data dalam penelitian ini yaitu kesalahan ejaan pada makalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sumber data penelitian ini yaitu makalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik catat yaitu peneliti mencatat kutipan data yang berkaitan dengan kesalahan ejaan pada makalah mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Peneliti menganalisis data penelitian yaitu 10 makalah yang sudah dibuat oleh mahasiswa prodi PBSI UMMI tahun 2014 pada mata kuliah membaca. Hasil penelitian yaitu bentuk-bentuk kesalahan ini terdapat pada 10 makalah dan masuk kepada 9 jenis kesalahan yaitu jenis kesalahan penggunaan huruf kapital, hilangnya tanda baca, tidak ada spasi setelah tanda baca, kesalahan penulisan kata berimbuhan, hilangnya vokal dan konsonan, kesalahan  penulisan kata asing, penggunaan kata depan, penulisan kata partikel dan penulisan huruf miring. Oleh karena itu sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat seperti siswa, mahasiswa, guru, dosen untuk mempelajari dan menguasai ejaan bahasa Indonesia yang terdapat dalam pedoman umum ejaan bahasa Indonesia (PUEBI)

 Kata kunci:Ejaan, Makalah, Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Gantametrika dkk. (2016). Kesalahan Berbahasa Penggunaan EYD. Solo: Genta Smart Publisher.

Hudhana, Winda D, Wiharja, Irpa A, dan Fitriani, Hamdah S. H. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Jurnal Lingua Rima. Vol 10 No 2 Halaman 43-50

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suyanto, E. (2011). Membina, Memelihara dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Yogyakarta: Ardana Media.

Suyitno, I. (2012). Menulis Makalah dan Artikel (Teori, Contoh dan Praktik Perlatihan). Bandung: PT Refika Aditama.

Wijayanti, S. H., dkk. (2013). Bahasa Indonesia: Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5098

Article Metrics

Abstract - 15542 PDF - 16657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats