PENGARUH KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA TANGERANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tangerang adalah pengajaran dengan menggunakan metode discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode discovery learning pada kelas eksperimen dan tidak menggunakan metode discovery learning pada kelas kontrol. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design. Bentuk quasi eksperimental design yang digunakan pada penelitian ini adalah bentuk Nonequivelent Control Group Design yang tidak dipilih secara acak karena alasan-alasan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tangerang dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa untuk masing-masing kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis siswa yang tidak menggunakan metode discovery learning adalah Thitung = 0,458 < Ttabel = 2,021 dan uji hipotesis siswa yang menggunakan metode discovery learning adalah Thitung = 2,844 > Ttabel = 2,021. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi antara siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa/mahasiswi, para tenaga pengajar khususnya untuk bidang bahasa Indonesia. Serta mampu memotivasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, sehingga siswa dapat menjadi siswa yang berprestasi.
Kata kunci: discovery learning, menulis teks eksposisi.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, U. K., Silvia, P. S, dan Wikanengsih. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Parole. Vol 1 No 6 Hal 1021-1028
Finoza, L. (2008). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.
Keraf, G. (2004). Deskripsi dan Eksposisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kusmana, S. (2012). Guru Bahasa Indonesia Profesional. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.
Roestiyah, N.K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Satrya, D. G. (2011). Creative Writing. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Sulaeman, A, dan Goziyah. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Edu Pustaka; Jakarta.
Suryosubroto, B. (2013). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5100
Article Metrics
Abstract - 683 PDF - 517Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.