PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM YASPIA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran aplikasi wattpad dalam menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Islam Yaspia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen dan desain penelitian Pre-eksperimental design. Siswa akan diberikan perlakuan setelah pretest dan sesudah posttest. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Islam Yaspia yang berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, lembar hasil tes siswa dan lembar kuesioner. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar hasil tes, lembar kuesioner dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah (1) Pretest, (2) Perlakuan atau treatment, (3) Posttest. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata tes awal (pretest) kelas eksperimen memperoleh 63,03 dengan nilai simpang baku adalah 7,931. Nilai rata-rata tes akhir (posttest) kelas eksperimen memperoleh peningkatan yaitu 79,48 dengan nilai simpang baku adalah 6,109. Selain itu hasil uji hipotesis (T-test) kelas eksperimen adalah 0,000 < dari 0,05 dan Thitung > dari Ttabel yaitu 9,150 > 2,042, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berhasilnya implementasi tersebut dapat dilihat juga dari sikap siswa setelah berlatih menulis naskah drama menggunakan aplikasi wattpad. Oleh karena itu, media aplikasi wattpad tredapat pengaruh menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Islam Yaspia.
Kata kunci: Aplikasi Wattpad, Menulis Teks Drama
Full Text:
PDFReferences
Ansoriyah, dkk. 2018. Menulis Populer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian,Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hasanuddin WS. 2015. Drama, Karya Dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
Prakosa, Mufti. 2015. Keefektifan Teknik Storyboard dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangpucung Cilacap. Skripsi.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Winarso, Bambang. 2018. Wattpad, Surganya Penulis dan Pembaca. https://dailysocial.id diakses pada 6 Oktober 2019 pukul 2.02.
Yunus, Syarifudin.. 2015. Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Winarso, Bambang. 2018. Wattpad, Surganya Penulis dan Pembaca. https://dailysocial.id diakses pada 6 Oktober 2019 pukul 2.02.
Winingsih, Rini, 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Media Boneka (Stick Wayang Orang) Pada Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Sentolo. Skripsi.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5103
Article Metrics
Abstract - 2414 PDF - 2228Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.