PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM YASPIA

Putri Harum Aulia, Slamet Triyadi, Hendra Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran aplikasi wattpad dalam menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Islam Yaspia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen dan desain penelitian Pre-eksperimental design. Siswa akan diberikan perlakuan setelah pretest dan sesudah posttest. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Islam Yaspia yang berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, lembar hasil tes siswa dan lembar kuesioner. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar hasil tes, lembar kuesioner dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah (1) Pretest, (2) Perlakuan atau treatment, (3) Posttest.  Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata tes awal (pretest) kelas eksperimen memperoleh 63,03 dengan nilai simpang baku adalah 7,931. Nilai rata-rata tes akhir (posttest) kelas eksperimen memperoleh peningkatan yaitu 79,48 dengan nilai simpang baku adalah 6,109. Selain itu hasil uji hipotesis (T-test) kelas eksperimen adalah 0,000 < dari 0,05 dan Thitung  > dari Ttabel yaitu 9,150 > 2,042, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berhasilnya implementasi tersebut dapat dilihat juga dari sikap siswa setelah berlatih menulis naskah drama menggunakan aplikasi wattpad. Oleh karena itu, media aplikasi wattpad tredapat pengaruh menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Islam Yaspia.

Kata kunciAplikasi Wattpad, Menulis Teks Drama


Full Text:

PDF

References


Ansoriyah, dkk. 2018. Menulis Populer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian,Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasanuddin WS. 2015. Drama, Karya Dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.

Prakosa, Mufti. 2015. Keefektifan Teknik Storyboard dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangpucung Cilacap. Skripsi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Winarso, Bambang. 2018. Wattpad, Surganya Penulis dan Pembaca. https://dailysocial.id diakses pada 6 Oktober 2019 pukul 2.02.

Yunus, Syarifudin.. 2015. Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Winarso, Bambang. 2018. Wattpad, Surganya Penulis dan Pembaca. https://dailysocial.id diakses pada 6 Oktober 2019 pukul 2.02.

Winingsih, Rini, 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Media Boneka (Stick Wayang Orang) Pada Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Sentolo. Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5103

Article Metrics

Abstract - 2025 PDF - 1736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats