REPRESENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN PADA CERITA RAKYAT PAPUA

Hasrul Rahman, Wachid Eko Purwanto, Zahroh Nur Annisa, Nabila Kirana Rakhmadiena

Abstract


Saat ini pendidikan karakter yang berbasis lingkungan perlu dikuatkan lagi agar dampak dari pengembangan daerah tidak merugikan lingkungan alamnya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta menguatkan pendidikan karakter yang fokus terhadap lingkungan pada cerita rakyat Papua. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu pendidikan karakter dalam cerita rakyat papua. Sumber data dalam penelitian ini yaitu cerita rakyat papua yaitu Asal-Usul Persebaran SukuSuku di Merauke, Cipriw yang Malang (Terjadinya Pohon Kelapa), Bertha Menjelma Seekor Burung Cenderawasih, Sre Saring, Musnahnya Kampung Habele, Cabo dan Batu Ajaib, Dame dan Dufun, Asal Mula Pohon Sagu, Patung Mbis dan Burung Kasuari, Konwuk dan Konweng. Teknik pengumpulan data penelitian iniyaitu teknik baca dan catat. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini berupa bentuk pendidikan karakter berbasis lingkungan yang dapat menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan alamnya serta membudayakan literasi untuk menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan , khususnya pada cerita rakyat Papua. Terdapat dua cara dalam upaya menumbuhkan Pendidikan karakter berbasis lingkungan melalui cerita rakyat Papua, 1) Menggunakan isi dari cerita rakyat Papua yang di dalamnya mengandung nilai kearifan lokal, 2) Menumbuhkan kecintaan terhadap budaya literasi pada cerita rakyat Papua.

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat Papua


Full Text:

PDF

References


Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter melalui Cerita Rakyat pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 1, No. 2. Hal. 95-104.

CNN Indonesia (Selasa, 31/08/2021) “Cabut Izin Operasi, Bupati Sorong Digugat Perusahaan Sawit" https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210830213725-12-687539/cabut-izin-operasi-bupati-sorong-digugat-perusahaan-sawit (diakses 5/10/2021)

Endraswara, S. (2016). Metode Penelitian Ekologi Sastra Konsep, Langkah dan Penerapan. Yogyakarta. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Gusnetti, Syofiani, dan Isnanda, R. (2015). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat. Jurnal Gramatika ,volume 1. No , hal. 183-192)

Juanda. (2019). Ekokritik Film Avatar Karya James Cameronsarana Pendidikan Lingkungan Siswa. Jurnal Jpbsi, Vol 8, No (1). Hal 1-9.

Kemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendiknas.

Kristanto, M. (2014). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Penanaman Etika untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1, Nomor 1, (hal. 59-64).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6622

Article Metrics

Abstract - 647 PDF - 709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats