PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL MENULIS IKLAN POSTER DI SMP NASIONAL SARIPUTRA JAMBI

Ergusrinia Priska Edy Johan, Rustam Rustam, Albertus Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pengaruh penggunaan aplikasi canva terhadap hasil menulis iklas poster siswa kelas VIII SMP Nasional Sariputra Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa SMP Nasional Sariputra Jambi. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A dan VIII B. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Dalam penelitian ini teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Hipotesis. Dalam penelitian ini penghitungan uji normalitas menggunakan rumus Shapiro-Wilk, dengan pengolahan menggunakan program SPSS statistic 25 dengan sig > 0,05. Untuk menghitung homogenitas varians dalam penelitian ini menggunakan rumus Lavene Statistic pada program SPSS stastistic 25 dengan nilai sig > 0,05. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini ialah perbandingan dua variable bebas (uji-t). Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui, bahwa hasil menulis iklan poster siswa menggunakan aplikasi canva berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan taraf sig < 0,05, dan hasil karya yang telah di kerjakan siswa menggunakan aplikasi canva dapat menjadi portofolio digital.

Kata Kunci : Canva, Hasil Belajar, Iklan Poster


Full Text:

PDF

References


Ardianto. (2020). Pengaruh Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Prosiding Seminar Nasional dan Pengabdian. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dalman. (2005). Menulis Karya Ilmiah. Depok: Raja Grafindo Persada.

Kurniawan. (2012). Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nut M, dkk. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional dan Pengabdian. Universitas Negeri Makassar.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam.

Rokhanawati, Ani Y. (2008). Peningkatan Keterampilan Menulis Poster Dengan Metode Copy The Master Pada Siswa Kelas VIII A MTS Al- Hidayah Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Skripsi UNNES

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: ALFABETA.

Sanaky, AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sudjana, Nana, dan Rivai. (2009). Definisi Pembelajaran Poster. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Yunus M. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6644

Article Metrics

Abstract - 4156 PDF - 5501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats