ANALISIS GAYA BAHASA PADA POSTINGAN AKUN INSTAGRAM @KUMPULAN_PUISI

Farid Ibnu Wahid, Ilmi Solihat, Irpa Anggriani Wiharja, Goziyah Goziyah, Herlina Pratiwi

Abstract


Penelitian ini mengkaji gaya bahasa yang terdapat pada postingan akun instagram @kumpulan_puisi . Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan jenis gaya bahasa yang terdapat pada postingan akun instagram @kumpulan_puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu postingan akun instagram @kumpulan_puisi periode Agustus-Desember 2021 yang mengandung jenis gaya bahasa. Adapun data penelitian ini adalah kata atau kalimat pada postingan akun instagram @kumpulan_puisi periode Agustus-Desember 2021 yang mengandung jenis gaya bahasa. Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, dokumentasi, simak dan catat. Teori yang digunakan yaitu teori yang dimukakan oleh Tarigan mengenai jenis-jenis gaya bahasa, meliputi gaya bahasa perbandingan, pertentangan, dan perulangan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 33 data gaya bahasa dengan rincian gaya bahasa perbandingan 13 data, terdiri dari 7 buah data gaya bahasa perumpamaan, 4 buah data gaya bahasa metafora, dan 2 buah data gaya bahasa personifikasi. Selanjutnya, terdapat Gaya bahasa pertentangan berjumlah 7 data, terdiri dari 4 buah data gaya bahasa hiperbola, dan 3 buah data gaya bahasa ironi, dan yang terakhir ditemukan 13 data Gaya bahasa perulangan, terdiri dari 2 buah gaya bahasa aliterasi, 9 buah data gaya bahasa anafora, dan 2 buah data gaya bahasa Epizeukis.

Kata kunci: Stilistika, majas, akun instagram


Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2014). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Angesti, Thesa. (2021). Analisis Gaya Bahasa pada Puisi “Dalam Diriku” Karya Sapardi Djoko Damono .Journal on Education: Vol 4, Hal 14-19

Keraf, Gorys. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Moleong, J. Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Dede. (2019). “Diksi dan Gaya Bahasa pada Akun Instagram @melodidalampuisi Panji Ramdana” Skripsi. Bandung: Universitas Padjajaran.

Ramdhianto, Nur Rizky. (2019). “Telaah Gaya Bahasa pada Akun Instagram @puisilangit”. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stilistika Kajian Puitika Bahasa Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarigan, Henry guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6675

Article Metrics

Abstract - 2609 PDF - 2185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats