PEMEROLEHAN BAHASA DAN ASPEK FONOLOGI ANAK USIA 2 TAHUN 10 BULAN MELALUI TEKNIK MEAN LENGTH OF UTTERANCE

Izzatun Nisa Syahidah, Hendra Setiawan

Abstract


Penelitian ini untuk memahami pemerolehan bahasa anak dan aspek fonologinya melalui teknik Mean Length of Utterance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah anak yang berusia 2 tahun 10 bulan.Teknik pengambilan data menggunakan teknik simak dari rekaman. Teknik analisis data tersebut menggunakan teknik penghitungan menggunakan tenik MLU. reduksi data, penyajian data dan penarikan simpilan. Hasil penelitian yaitu pengiraan Min Panjang Ujaran atau Mean Length of Utterance (MLU) mengikuti Brown’s Stages of Development digunakan untuk menentukan tahapan tumbuh kembang anak. Penelitian ini memperlihatkan bahwa seorang anak tersebut telah menguasai huruf vokal yaitu ( a, u, i, e, dan o). Sedangkan, huruf konsonan yang telah dikuasai yaitu (b, c, d, g, h, j, k, m, n, p, dan y). Faktor yang memepengaruhi ujaran tersebut adalah ketidaksempurnaan ujaran dalam alat ucapnya. Huruf-huruf yang belum dikuasi oleh seorang anak usia 2 tahun 10 bulan dengan inisial Z ini adalah ( r,s,z,l,). Jika dilihat dari penelitian pemerolehan bahasa anak berdasarkan fonologi ini belum mampu dikatakan bertutur dengan sempurna, karena masih ada bebarapa bunyi yang belum tepat pelafalannya di usia 2 tahun 10 bulan tersebut.

Kata kunci: pemerolehan bahasa, MLU, aspek fonologi.


Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik:Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Khotijah. (2013). Teori-Teori Proses Pemerolehan Bahasa dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Tarbawiyah. Vol 10 No 2

Marsis&Annisa, W. 2018. Pemerolehan Bahasa Anak di Sumatera Barat (Kajian Mean Length of Utterance [MLU]). Jurnal Lingua. Vol 16 No 1 PP 35-40

Yusuf, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Yi Yang. Vol 11 No 2 Hal 40-60




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6901

Article Metrics

Abstract - 395 PDF - 413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats