PEMAPARAN PENGALAMAN MELALUI SISTEM TRANSIVITAS DALAM TEKS PIDATO PRESIDEN JOKO WIDODO: KAJIAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL

Reski Dewa Agung, Gusnawaty Gusnawaty, Tadjuddin Maknun, Muhammad Hasyim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap partisipan, proses dan sirkumstan sebagai media pemaparan ide dan pengalaman penutur dalam Pidato Presiden Joko Widodo mengenai rencana persiapan kegiatan KTT G20 Tahun 2022, dan kaitannya dengan konteks situasi yang ada dalam teks tersebut. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori linguistik sistemik fungsional sebagai alat analisis. Sumber data berupa Pidato Presiden Joko Widodo mengenai rencana persiapan kegiatan KTT G20 Tahun 2022 yang diakses melalui laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode simak dengan membaca secara keseluruhan pidato, dan teknik catat yakni mencatat pidato tersebut sebelum membaginya menjadi potongan klausa. Hasil penelitian dalam pidato tersebut ditemukan tiga unsur yang menjadi pembangun dalam penggambaran ide dan pengalaman penutur, yaitu partisipan, proses dan sirkumstan. Partisipan yang ditemukan berupa partisipan jenis manusia dan partisipan bukan manusia. Partisipan jenis manusia menjadi partisipan yang paling banyak kemunculannya dengan persentase kemunculan sebanyak 87%. Proses yang ditemukan dalam pidato tersebut berupa proses material, mental, verbal dan relasional. Proses verbal menjadi proses yang paling banyak kemunculannya dengan persentase kemunculan sebanyak 60%. Sirkumstan yang ditemukan dalam pidato tersebut berupa sirkumstan sebab, masalah, rentang, lokasi dan peran. Sirkumstan jenis lokasi yang merujuk pada waktu menjadi sirkumstan yang paling banyak kemunculannya dengan persentase sebanyak 38%. Berdasarkan analisis transicitas dan dikaitkan dengan konteks situasi dapat diketahui bahwa Presiden Joko Widodo ingin memberitahukan kepada khalayak umum, baik dalam negeri maupun luar negeri mengenai persiapan yang telah dilakukan oleh Joko Widodo sebagai ketua kegiatan KTT G20 Tahun 2022 dan masalah yang akan dibahas pada kegiatan tersebut.

Kata kunci: transivitas, teks pidato, Joko Widodo


Full Text:

PDF

References


Adisaputra, A. (2008). “Linguistik Fungsional Sistemik: Analisis Teks Materi Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD)”. Logat: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Vol. IV, No.1, hlm. 12-21.

Assyuza, M.F. dan Anwar, M. (2021). “Kajian Linguistik Fungsional Sistemik: Analisis Hubungan Sistem Transitivitas dan Konteks Situasi dalam Pidato Presiden Jokowi Soal

Penanganan Virus Corona”. Jurnal CULTURE (Culture, Language, and Literature Review). Vol. 8, No. 1. hlm. 67-76.

BP BSID. (2010). Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia. Makassar: UNM Press.

Halliday, M.A.K. (1994). Language as Social Semiotic: The Social Interpretation of language and Meaning. London: Edward Arnold ltd.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Nurfaedah. (2017). “Analisis Hubungan Sistem Transivitas dan Konteks Situasi dalam Pidato Politik Hatta Rajasa: Tinjauan Sistemik Fungsional”. Jurnal Retorika. Vol. 10, No.1, Februari 2017. hlm. 1-71.

Santoso, Riyadi (2016). Semiotika Sosial: Pandangan terhadap Bahasa. Surabaya: Pustaka Eureka.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. “Pernyataan Presiden RI sebagai Presidensi G20, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 29 April 2022. Diakses melalui https://setkab.go.id/pernyataan-presiden-ri-sebagai-presidensi-g20-di-istana-kepresidanbogor-jawa-barat-29-april-2022/.

Sinar, T. S. (2014) Teori & Analisis Wacana (Pendekatan Sistemik Fungsional). Medan: CV. Mitra Medan.

Usman, H. (2015). “Pidato Bupati Lombok Barat atas Rekomendasi Pansus LKPJ DPRD dan Relevansinya dengan Pembelajaran Wacana di Sekolah: Kajian Linguistik Fungsional

Sistemik”. Litera: Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. 1, No. 2, Juli 2015. hlm. 159-173.

Widodo, D. P. dkk. (2018). “Transitivitas Pidato Kampanye Ahok pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 3, No. 1 hlm. 18-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7291

Article Metrics

Abstract - 48 PDF - 63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats