DEIKSIS PADA BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Irpa Anggriani Wiharja, Soleh Ibrahim, Hamdah Siti Hamsanah Fitriani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan jenis-jenis deiksis dan deiksis yang paling dominan pada teks tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan studi dokumen dengan teknik baca dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa deiksis persona terdiri dari 1) deiksis persona pertama tunggal terdapat 28 data, 2) deiksis persona pertama jamak terdapat 15 data, 3) deiksis persona kedua tunggal terdapat 7 data, 4) deiksis persona kedua jamak terdapat 5 data, 5) deiksis persona ketiga tunggal terdapat 45 data, 6) deiksis persona ketiga jamak terdapat 15 data. Selanjutnya deiksis penunjuk terdapat 20 data yang digunakan dalam teks deskripsi dan teks narasi. Sedangkan deiksis tempat dalam teks deskripsi dan teks narasi hanya terdapat 2 data. Melalui analisis ini peneliti menyimpulkan bahwa dari ketiga jenis deiksis tersebut yang disering ditemukan pada teks deskripsi dan teks narasi yaitu jenis deiksis persona karena dalam teks tersebut merujuk pada diri sendiri, orang yang sedang diajak bicara, dan orang yang sedang dibicarakan baik itu dalam jumlah jamak maupun dalam bentuk inklusif dan ekslusif.

Kata kunci: deiksis, teks deskripsi dan narasi, buku teks.


Full Text:

PDF

References


Hermaji, B. (2016). Teori Pragmatik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Nursalim, M. P.& Alam, S. N. (2019). Pemakaian Deiksis Persona dalam Cerpen di Harian Republika. Deiksis. Vol 11 No 2 PP 121-129.

P., RH. R. F., dan Mubarak, I. W. (2017). Deiksis Sosial dan Deiksis Persona Slogan Persebaya di Daerah Surabaya Utara. Stilistika. Vol 10 No 1 PP 1-10.

Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sebastian, D., Diani, I., dan Rahayu, N. (2019). Analisis Deiksis pada Percakapan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus.

Vol 3 No 2 PP 158-164




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7293

Article Metrics

Abstract - 25 PDF - 19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats