BENTUK ABREVIASI PADA LAMAN BERITA GORIAU.COM DAN KAITANNYA DENGAN BAHAN AJAR TEKS BERITA KELAS VIII SMP

Intan Kumala Dyah Hapsari, Dedi Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk abreviasi yang terdapat dalam berita GoRiau.com; dan (2) keterkaitan penggunaan bentuk abreviasi pada berita GoRiau.com dengan bahan ajar teks berita kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah abreviasi dalam laman berita GoRiau.com, sedangkan objek penelitian ini adalah bentuk abreviasi dankaitan abreviasi dalam laman berita GoRiau.com dengan bahan ajar teks berita di kelas VIII SMP. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak, teknik dasar sadap, teknik lanjutannya adalah simak bebas libat cakap. Instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument dan kartu data. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode agih dengan menggunakan teknik dasar bagi unsur langsung, dilanjutkan dengan teknik lesap. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwasannya (1) terdapat empat bentuk abreviasi dengan total 245 data meliputi: 155 data berbentuk singkatan,70 data berbentuk akronim dan kontraksi, 3 data berbentuk penggalan, dan 17 data berbentuklambang huruf; dan (2) kaitan penggunaan bentuk abreviasi dalam berita GoRiau.com denganbahan ajar teks berita terletak pada aspek kaidah-kaidah kebahasaan yang digunakan pada pembelajaran teks berita dengan kompetensi dasar 3.2 dan dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.

Kata Kunci: abreviasi, berita, bahan ajar


Full Text:

PDF

References


Adnan, M. S. (2019). Abreviasi Pada Berita Dalam Surat Kabar Jawa Pos. Belajar Bahasa, 202.

GoRiau.com. (2021, Juni). GoRiau.com. Diambil kembali dari Surat Kabar Online GoRiau.com: https://www.goriau.com/home.html

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, Dan Tekniknya.Jakarta: Rajawali Pers.

Sudaryanto. (2015). Metode Dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7308

Article Metrics

Abstract - 24 PDF - 25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats