Analisis Pemerolehan Bahasa dengan Teknik Kajian Mean Length Utterennce (MLU) dan Aspek Fonologi pada Anak Usia 2 Tahun 11 Bulan

Diah Amanlia Septiani, Hendra Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemerolehan bahasa pada anak berusia 2 tahun 11 bulan. Penelitian ini akan menerangkan bagaimana proses pemerolehan bahasa pada anak-anak dan aspek fonologi yang meliputi pemerolehan vokal, pemerolehan konsonan, dan faktor yang mempengaruhi pemerolehan fonologi tersebut. Subjek penelitian ini adalah seorang anak yang berusia 2 tahun 11 bulan yang bernama ARS, berasal dari daerah Pebayuran Bekasi. Penelitian dilakukan untuk melihat kemampuan anak tersebut dalam berbicara. Penelitian ini menggunakan teknik kajian dari Brown yaitu Mean Length Utterennce (MLU). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam kata-kata yang disampaikan oleh anak dengan menggunakan Handphone, kemudian hasil rekaman dituliskan dan dianalisis, cara menganalisis dengan menghitung ujaran dan melihat morfem yang dipakai oleh anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap subjek yang bernama ARS yang berusia 2 tahun 11 bulan menunjukan bahwa Adelia mempunyai MLU 1,93 yang berada pada tahap II MLU (1,5-2,0) yaitu pada usia 22 s.d 28 bulan dan dapat disimpulkan bahwa subjek sesuai dengan tahap ditetapkan. MLU subjek sesuai dengan usia subjek. Pada umur 2 tahun 11 bulan subjek tentunya masih terjadi perubahan fonem, baik vokal maupun konsonan. Bunyi yang paling sering terjadi perubahan yaitu bunyi huruf (r).

Kata kunci: Pemerolehan bahasa, MLU, fonologi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.7309

Article Metrics

Abstract - 191 PDF - 294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats