IMPLIKATUR DALAM TERAPI WICARA ANAK AUTIS PADA CHANNEL YOUTUBE JAYA PLB UNLAM

Rofi' Nihayatul Ulum, Indah Kusuma Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana implikatur dalam komunikasi terapi wicara yang dilakukan oleh seorang Terapis pada seorang anak autis pada Channel Youtube Jaya PLB Unlam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus pada Channel Youtube Jaya PLB Unlam. Data penelitian ini adalah berupa kata, kalimat, dan konteks yang terdapat dalam video yang diunggah dalam channel youtube Jaya PLB Unlam, khususnya terapi wicara yang dilakukan oleh terapis seorang anak berkebutuhan khusus autis bernama R. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak catat. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini adalah bahwa implikatur komunikasi yang digunakan oleh terapis pada anak autis yaitu untuk memerintahkan anak agar tetap fokus, untuk mengapresiasi jawaban anak, memancing untuk mengungkapkan jawaban yang belum diutarakan anak, memancing konsep lama agar dapat diungkapkan kembali, membangun konsep-konsep baru yang belum dikenal anak, serta untuk mengarahkan anak agar menggunakan kosa kata yang benar.

Kata Kunci: Terapi Wicara, Implikatur, Anak Autis


Full Text:

PDF

References


Aulia, A. T. (2019). Implikatur (Konvensional) Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi Smp Bhakti. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 13(1).

Davies, A. (2007). An Introduction to Applied Linguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press Ltd.

Unlam, J. P. (2015). Terapi Wicara Anak Autis. Diakses Pada 28 November 2022. https://youtu.be/BLWTb0pnE_A




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8141

Article Metrics

Abstract - 217 PDF - 343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats