METODE SUGESTI IMAJINASI DAN METODE COPY THE MASTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS 10 SMAN 4 KOTA SERANG

Ilmi Solihat, Ade Anggraini Kartika Devi, Muldawati Muldawati

Abstract


Sistem pembelajaran bahasa Indonesia pada bidang menulis puisi membutuhkan metode yang mampu mengakumulasi seluruh permasalahan menulis puisi. Permasalahan mengenai hal tersebut yaitu kurang menerapkan metode pembelajaran yang baru dalam menjelaskan materi puisi untuk menstimulus mereka dalam materi tersebut. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode sugesti imajinasi dan metode copy the master untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa yang akan memberikan kontribusi pada suatu bidang ilmu sastra Indonesia yaitu puisi dan mengatasi permasalahan yang ada. Dengan begitu itu tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan metode sugesti imajinasi untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas 10 SMAN 4 Kota Serang, (2) Untuk mendeskripsikan metode copy the master untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas 10 SMAN 4 Kota Serang, dan (3) Untuk mendeskripsikan perbedaan metode sugesti imajinasi dan metode copy the master untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas 10 SMAN 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pustaka dan observasi. Hasil analisis yang didapatkan dalam penelitian ini terdapat pembahasan metode sugesti imajinasi untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi, metode copy the master untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi, serta perbedaan metode sugesti imajinasi dan metode copy the master untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi.

Kata kunci: Sugesti Imajinasi, Copy the master, Menulis Puisi


Full Text:

PDF

References


Hasani, A. (2015). Ihwal Menulis. Banten: Untirta Press.

Herwan. (2019). Menyelam Sampai ke Palung Puisi. Cilegon: Gaksa Enterprise.

Septeria, N. M. et al. (2020). Pengaruh Metode Copy The Master Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Berbentukan WAG Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Sukabumi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 234-244.

Septiana, Y (2019). Penerapan Metode Sugesti Imajinasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12/X Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8176

Article Metrics

Abstract - 390 PDF - 386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats