KIAT MENJADI PENGAJAR BIPA BERKUALITAS

Ediwarman Ediwarman

Abstract


Kesempatan menjadi pengajar BIPA telah terbuka lebar. Siapapun dapat menjadi pengajar BIPA dengan latar belakang program studi berbagai macam. Pengajar BIPA dapat datang dari program studi pendidikan maupun nonpendidikan. Oleh karena, pengajar BIPA hanya dituntut mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta menguasai kebudayaan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yaitu penelitian yang mengkaji hasil riset yang dipublikasikan atau tidak. Sumber data dalam penelitian ini yaitu hasil dari riset yang dipublikasikan atau tidak dalam jurnal, website, buku Pustaka, dan sebagainya. Teknik pengumpulan data dengan pembacaan kepustakaan. Hasil pengkajian yaitu pengajar BIPA yang professional mampu mengajarkan Bahasa Indonesia dengan baik dan dapat mengintegrasikan kebudayaan dalam pembelajaran BIPA.

Kata kunci: Profesionalitas, Pengajar BIPA


Full Text:

PDF

References


Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. (2017). Revitalisasi Peran Budaya Lokal dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Proceedings Education and Language International Conference, pp. 915-920.

Hudhana, W. D., Wiharja, I. A., dan Fitriani, H. S. H. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Jurnal Lingua Rima. Vol 10 No 2 PP 43-50

Junaidi, F., Andhira, R., dan Mustopa, E. (2017). Implementasi Pembelajaran BIPA Berbasis Budaya sebagai Strategi Menghadapi MEA. Proceedings Education and Language International Conference. Vol 1 No 1

Rohimah, D. F. (2018). Internasionalisasi Bahasa Indonesia Dan Internalisasi Budaya Indonesia Melalui Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). An-Nas: Jurnal Humaniora, 2(2), 199–212.

Sukma, B. P., dkk. (2021). Demi Bahasa Bermanfaat Dan Bermartabat: Percikan Pemikiran Strategi Kebahasaan Dalam Dinamika Bahasa, Pendidikan, Dan Kebudayaan Era Kiwari. Deepublish

Sutrisno, B., dkk. (2021). Kiat Menjadi Pegiat dan Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Membidik Potensi dan Peluang. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8271

Article Metrics

Abstract - 234 PDF - 391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats