STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

Widia Indah Rahayu, Mar'atun Najiah, Yuliyanti Yuliyanti, Yuyu Yuhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa kelas V DI SDN Sukadiri dan SDIT Tiara Aksara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V dan guru kelas III (sumber data primer), serta dokumen-dokumen tertulis (sumber data sekunder). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa karakter belum tampak pada siswa adalah peduli lingkungan, gemar membaca, disiplin, mandiri, dan rasa ingin tahu sehingga strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter adalah strategi pembelajaran, kegiatan pembiasaan, keteladanan, penguatan dengan memasang spanduk atau banner yang mencanangkan pendidikan karaker, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SDN 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, Vol 3 No 2 PP 203–213.

Barnawi. (2015). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta:Ar Ruzz Media.

Jiwandono, I. S. (2020a). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal Vol 4 No 1 PP 9–19.

Jiwandono, I. S. (2020b). Dinamika Sosial Sikap Narcisstic Aksi Demonstrasi Mahasiswa Dalam Prospek Demokrasi Indonesia. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, Vol VIII No 1 PP34–40.

Jiwandono, I. S. (2020c). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Jujur Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 4 No 1 PP 11– 19.

Jiwandono, I. S., & Khairunisa, K. (2020). Pemanfaatan Nilai-Nilai Filosofis Punakawan dalam Upaya Penguatan Karakter Mahasiswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, vol 20 no 1 PP 74–81. https://doi.org/10.30651/didak tis.v20i1.4466




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8641

Article Metrics

Abstract - 196 PDF - 183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats