SUBORDINASI GENDER DALAM KUMPULAN CERPEN BUKAN PERMAISURI KARYA NI KOMANG ARIANI

Endah Kusumaningrum, Bayu Suta Wardianto, Rafli Adi Nugroho

Abstract


Gender dan karya sastra memang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Khususnya prosa (cerpen dan novel) tokoh perempuan khususnya merupakan aspek penting dalam alur yang terjadi dalam prosa. Kajian gender dan karya sastra merupakan bentuk khusus dari feminisme sastra. Penelitian ini berupaya mengurai tentang pergolakan gender yang terjadi dalam Kumpulan Cerpen Bukan Permaisuri Karya Ni Komang Ariani khususnya dari aspek subordinasi. Penelitian menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif. Data penelitian ini yaitu kutipan kalimat yang mengandung unsur subordinasi gender yang terdapat pada kumpulan cerpen Bukan Permaisuri karya Ni Komang Ariani. Sumber data dalam penelitian ini merupakan cerpen-cerpen yang terdapat dalam kumpulan cerpen Bukan Permaisuri karya Ni Komang Ariani. Cerpen yang menjadi sumber data antara lain: Perempuan yang Tergila-gila pada Idenya, Sepasang Mata Dinaya yang Terpenjara, dan Nyoman Rindi. Teknik pengambilan data menggunakan teknik baca dan catat. Tahapan atau langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menerapkan tiga tahapan, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi/ pengklasifikasian data, dan (3) mengurai/ menganalisis dan menyajikan data. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang adanya tiga jenis subordinasi yaitu (1) subordinasi fisik, (2) subordinasi psikologi, dan (3) subordinasi sosial. Ketiga jenis subordinasi tersebut terjadi karena lingkungan internal (keluarga) dan eksternal (sosial masyarakat) menempatkan perempuan sebagai ‘sosok’ yang dianggap inferior dan kurang layak untuk mendapat peran sentral di ruang publik.

Kata kunci: subordinasi gender, cerita pendek


Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2018). Feminisme pada Modernisasi di Jepang. Disertasi.

Andharu, D., & Widayati, W. (2018). Kajian Feminisme Radikal Dalam Novel Keindahan dan Kesedihan Karya Yasunari Kawabata. Jurnal Ilmiah FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol 1 No 1 PP 16–29.

Anggraheni, N. (2013). Citraan Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Bukan Permaisuri Karya Ni Komang Ariani dan Saran Implementasinya dalam Pengajaran Sastra di SMA. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Annapurany, K. (2016). A Prospective Study of Feminism Waves, Phases, Issues And Critical Analysis. International Journal of Applied Research Vol 2 No 5 PP 146–

Ariani, N. K. (2012). Bukan Permaisuri. Kompas Media Nusantara.

Buberwa, D. K. (2016). Patriarchy Ideology and Workload Inequality within Household. Global Journal of HUMAN-SOCIAL SCIENCE: Sociology & Culture, Vol 16 No 1

Fakih, M. (2013). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Pustaka Pelajar.

Fiorenza, E. S. (1979). Towards a Liberating and Liberated Theology: Women Theologians and Feminist Theology in the USA. In Jossua/Metz (Issue Concilium. Doing Theology in New Places). A Cross Road Book.

Habiba, U., Ali, R., & Ashfaq, A. (n.d.). From Patriarchy to Neopatriarchy: Experiences of Women from Pakistan. International Journal of Humanities and Social Science

Vol 3 No 6.

Harahap. (2019). Kesehatan Reproduksi. Repository USU.

http://repository.usu.ac.id/bitstream/1234567%0A89/3567/1/kedkomunitas-juliandi

Kensinger, L. (2015). Feminism ( In ) Quest of Liberal. 12(4), 178–197.

Kristeva, N. S. S. (2015). Sejarah Ideologi Dunia: Kapitalisme, Sosialisme, Komunisme, Fasisme, Anarkisme-Marxisme, Konservatisme. Lentera Kreasindo.

Lardner, D. (1992). Mythological Woman, Contemporary Reflections on Ancient Religious Stories. Crossroad.

McLellan, D. (2016). Ideologi Tanpa Akhir. Kreasi Wacana.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mu’minin. (2012). Kuasa Perempuan Tertindas: Ukiran Feminis Novel Kembang Japun Karya Remy Sylado. Penerbit Beranda.

Ningsih, R. W. (2021). Nilai Kemanusiaan dalam Kumpulan Cerpen “Bukan Permaisuri” Karya Ni Komang Ariani melalui Pendekatan Psikologi Sastra.Universitas Muhammadiyah Jember.

Nisa, A. (2018). Budaya Patriarki Bali Menurut Perspektif Ni Komang Ariani Dalam Kumpulan Cerpen Bukan Permaisuri (Universitas Sebelas Maret).

https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/63298/Budaya-Patriarki-Bali-MenurutPerspektif-Ni-Komang-Ariani-Dalam-Kumpulan-Cerpen-Bukan-Permaisuri

Parti. (2013). Bias gender Dalam Birokrasi. Tiara Wacana.

Putra, I. N. D. (2007). Wanita Bali Tempo Doeloe Perspektif Masa Kini. Pustaka Larasan.

Ramadhani, H. (2018). Reorientasi Politik Gender dalam Sistem Masyarakat Patriarkis. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 4(3).

Rokhmansyah A. (2016). Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Feminisme. Penerbit Garudhawacana.

Sugihastuti, M. S. (2019). Wanita di mata wanita: perspektif sajak-sajak Toeti Heraty. Nuansa Cendekia.

Sugihastuti, S. (2015). Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasi. Pustaka Belajar.

Syafe’I, I. (2015). Subordinasi perempuan dan implikasi terhadap rumah tangga. Jurnal Studi Keislaman, 15(1), 146.

Verah, E. O., Yuwana, S., & Setijawan. (2022). Subordinasi dan Inferioritas Gender dalam Novel La Barka karya Nh. Dini. Jurnal Education and Development, 10(3), 578–584




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8643

Article Metrics

Abstract - 320 PDF - 339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats