PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMP IT NURUL ILMI 2 KOTA JAMBI

Fitriyani Azhary, Eddy Pahar Harahap, Hilman Yusra, Andiopenta Purba, Albertus Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi siswa kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi 2 Jambi dengan pendekatan quasi exsperiment design serta menerapkan pretest posttest. Populasi penelitian terdiri dari keseluruhan siswa di kelas VIII SMP yang terdiri dari 5 kelas dan sampel penelitian kelas ditetapkan pada kelas VIII D berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yang mana membutuhkan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian setelah diketahui data normal dan homogen dilanjutkan dengan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang memperoleh rata-rata 88,65 sedangkan kelas kontrol tanpa perlakuan memperoleh rata-rata 75,42 berdasarkan uji t-test yang menunjukkan nilai sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan terhadap variabel yag diuji, maka model pembelajaran TGT dapat memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mengidentifikasi unsur pembangun puisi kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi 2 Jambi.

Kata kunci: model TGT, hasil pembelajaran, teks puisi


Full Text:

PDF

References


Febriyanni, R., Mardhiah, R. (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dan Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal Iqtirahaat

Vol 5 No 1 PP 58-66

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi dengan Teknik Pembelajaran yang Kreatif. Jurnal Belajar Bahasa. Vol 1 No 1 PP 82-90

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP. Vol 1 No 1 PP 45-53

Susilawati, E., Putri, S. K., & Syamsiyah, N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatife Team Games Tournament Pada Materi Teks Prosedur di Kelas X SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, Vol 12 No 2 PP 213-225




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8849

Article Metrics

Abstract - 292 PDF - 198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats