BENTUK DAN MAKNA REDUPLIKASI PADA SURAT KABAR ELEKTRONIK BIDIK UTAMA EDISI MARET–APRIL 2023

Fevi Indah Sari, Asep Muhyidin, Ade Anggraini Kartika Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna reduplikasi pada surat kabar Bidik Utama Maret–April 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menganalisis data dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan ortografis dengan alat penentunya tulisan sedangkan teknik dasar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pilah unsur penentu (PUP) dengan cara memilah satuan kebahasaan yang dianalisis dengan alat penentu yang berupa daya pilah yang bersifat mental, mengandalkan intuisi, dan menggunakan pengetahuan teoretis yang dimiliki oleh peneliti.Temuan data yang dihasilkan dalam penelitian adalah bentuk dan makna kata ulang dalam surat kabar elektronik Bidik Utama. Hasil dari penelitian ini ditemukan 29 data pengulangan seluruh, 2 data pengulangan sebagian, 2 data pengulangan proses dengan pembubuhan afiks, dan 2 data pengulangan dengan perubahan fonem. Makna reduplikasi yang ditemukan sebanyak 29 makna banyak, dan 6 makna perubahan yang tersebut pada bentuk dasar dilakukan berulang-ulang.

Kata Kunci: kata ulang, bentuk, makna


Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2022. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Reneka Cipta.

Setiaji, A. B., Masniati, A., & Ridwan, R. 2019. Makna Reduplikasi dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA)(Kajian Morfologi). In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) (Vol. 1, pp. 105-113).

Sulvinajayanti, S. 2018. Manajemen dan Konvergensi Media Penyiaran.

Sudaryanto. 2015. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.9038

Article Metrics

Abstract - 202 PDF - 288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats