IMPLIKATUR PERCAKAPAN SISWA DAN GURU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI TAMANAGUNG

Elisa Kurnia Putri, Hasan Suaedi, Yerry Mijianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk lingual dan makna dari bentuk implikatur guru dan siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tamanagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa percakapan atau tuturan antar guru dan siswa berkebutuhan khusus yang mengandung implikatur. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data model Miles dan Hubermen. Aktivitas dalam menganalisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian berupa bentuk lingual kalimat pernyataan dan bentuk lingual kalimat perintah. Makna implikatur pada penelitian ini meliputi: meminta, menginformasikan, melaporkan, dan memerintah.

Kata kunci: Implikatur, siswa, guru, Sekolah Luar Biasa


Full Text:

PDF

References


Hidayati, M. W. (2022). Implikatur Percakapan Siswa Tunagrahitta dan Guru di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 7, No. 1, 143.

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 4, No. 1, 178-180.

Pramartha, I. N. (2015). Sejarah dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa bagian A Negeri Denpasar Bali. Jurnal HISTORIA, Vol. 3 No. 2, 74.

Setiawati, F. A dan Na'imah. (2020). Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus dalam PAUD. Jurnal Seling, Vol. 6 No. 2, 194-206.

Subandi, D. (2021). Implikatur Percakapan antara Guru Bahasa Indonesia dan Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi di SMAN 1 Gedeg. Jurnal Blendid Learning Vol. 1, No. 2, 100-102.

Yuniarti, N. (2014). Implikatur Percakapan dalam Percakapan Humor. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 3, No. 2, 226-229




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.9191

Article Metrics

Abstract - 137 PDF - 144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats