DISFEMIA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN INSTAGRAM ABOUTTNG_OFFICIAL KASUS PEMBUANGAN BAYI DI WILAYAH BANTEN

Khaeriyah Khaeriyah, Mayang Santika Dewi

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang disfemia pada kolom komentar di akun tentangtng_official berjudul Kasus Bayi Terlantar Di Wilayah Banten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk disfeaemia pada kolom komentar abouttng_official pada kasus penelantaran bayi di wilayah Banten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti digunakan dengan menyimak kolom komentar pada akun instagram abouttng_official bertemakan kasus pembunuhan bayi di wilayah Banten. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik mencatat yaitu merekam hasil proses mendengar di kolom komentar kasus pembunuhan bayi di wilayah Banten. Peneliti membaca komentar netizen pada kolom komentar akun instagram abouttng_official, kemudian menentukan komentar netizen yang mengandung disfemia sesuai kriteria. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode menyimak, percakapan bebas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode distribusi dengan teknik sorting element determinasi (PUP). Penyajian hasil analisis disajikan secara informal dan formal. Hasil dari total 244 data yang dianalisis ditemukan 16 bentuk disfemia, 3 bentuk frasa, dua bentuk disfemia klausa, dan 5 bentuk disfemia kalimat. Keberadaan bentuk disfemik ini dimaksudkan untuk mempertajam dan menguatkan makna dalam aspek tafsir.

Kata kunci: Disfemia, Kolom Komentar, Akun Instagram


Full Text:

PDF

References


Dian, S, N., Basir Abdul. 2020. Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. PERSEPSI: Communication Journal. Vol 3 No 1 PP 23-36.

Farida Indri Nur, dkk. 2022. Disfemia dalam Kolom Komentar Akun Youtube Najwa Shihab. STILISTIKA. Vol 01 No 02 PP 12-25.

Prasetyo, 2018. Disfemia dalam Kolom Komentar Warganet Di Line Today. Skripsi. Universitas Negeri Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni: Jakarta.

Rohayyati Fatwa, dkk. 2020. Kajian Bahasa Disfemia pada Kolom Komentar Netizen di Instagram. Journal of Indonesian Language and Literature. Vol 18 No 02 PP 143-150.

Zaim. M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press Padang




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.9192

Article Metrics

Abstract - 171 PDF - 199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats