ASPEK GRAMATIKAL DAN LEKSIKAL PADA LIRIK LAGU MENGHAPUS JEJAKMU KARYA BAND NOAH

Syahna Luthfia Hakim, Intan Sari Ramdhani

Abstract


Lagu adalah ungkapan yang eksperif dan alami, karena kealamiannya terkadang menyebabkan berbagai kesalahan berbahasa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kohesi gramatikal dan kohesi leksikal yang terbentuk dalam lirik lagu Menghapus jejakmu karya Band Noah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu lirik lagu band Noah yaitu Menghapus Jejakmu. Data penelitian ini adalah tema penelitian, kalimat yang mengandung aspek gramatikal dan leksikal yang terdapat pada lirik lagu Grup Band Noah Menghapus Jejakmu. Dalam penelitian ini, kami melakukan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yaitu aspek gramatikal yang terdapat dalam lagu Menghapus Jejakmu karya Grup Band Noah yaitu referensi (pengacuan) ditandai dengan kata ku, mu dan engkau, pelepasan (ellipsis) ditandai dengan kata tak dan tuk, dan konjungi (perangkaian)nya ialah ditandai dengan kata untuk. Sedangkan aspek leksikal yang terdapat dalam lirik lagu Menghapus Jejakmu ditandai dengan repetisi (pengulangan) yaitu perlahan mimpi dan kucoba serta sinonim (padanan kata) ialah usai dan kata semua berlalu dan antonim (lawan kata)nya ialah kata usai dengan lanjutkan.

Kata kunci: gramatikal, leksikal, lirik lagu


Full Text:

PDF

References


Goziyah, G., & Awida, A. S. (2021). Aspek Gramatikal Dan Leksikal Pada Lirik Lagu Melukis Senja Karya Budi Doremi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(3), 25-33.

Izar, J., Afria, R., & Sanjaya, D. (2019). Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal pada Cerpen Ketek Ijo Karya M. Fajar Kusuma. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 3(1), 55-72.

Sari, I. P., & Setyorini, R. (2018). Aspek Gramatikal dan Leksikal Pada Lirik Lagu †œAku Cinta Allah†Group Band Wali. SeBaSa, 1(2), 129-133.

Wardani, O. P. dan Turahmat. (2019). Aspek Leksikal Dan Gramatikal Pada Lirik Lagu “Nyanyian Rindu” Ebiet G Ade. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya.Universitas Islam Sultan Agung, 2, 286-293




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9934

Article Metrics

Abstract - 105 PDF - 86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats