PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA N 8 MUARO JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model contextual teaching and learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA N 8 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah pelakasanaan penerapan model contextual teaching and learning dalam mengajarkan teks eksplanasi. Sumber data dalam penelitian ini hasil belajar teks eksplanasi yang diperoleh dari hasil menulis siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya variasi mengajar menggunakan model contextual teaching and learning, proses pembelajaran mengenai menulis teks eksplanasi menjadi menyenangkan dan siswa terlihat sangat antusias, disamping itu model ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang telah diberikan. Setelah diterapkan terdapat kekurangan dan kelebihan dalam model tersebut. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model contextual teaching and learnig meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Kata Kunci: menulis, model CTL, teks eksplanasi
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. I. B (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dankontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Agustinova. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek. Calpulis.
Djaelani. (2013). Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Pawiyatan, 20(1).
Febriana, R. 2019. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara
Hasanah. (2016). Penerapan Metode Membaca sebagai Upaya Mengatasi Membaca Permulaan pada Anak Disleksia. Seminar Nasional Riksa Bahasa X Literasi Dan Budaya Bangsa.
Handayani, N. P. (2019). Pembelajaran materi suhu dan energi panas menggunakan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) pada siswa mi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. https://eprints.umsida.ac.id/4014/
Maryana, S., dan Sukmawati, W. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Pendekatan Contextual Teaching dan Learning (CTL). Vol 7 No 4 PP 205-212
Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9970
Article Metrics
Abstract - 140 PDF - 95Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.