PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA N 8 MUARO JAMBI

Bella Amilea, Andiopenta Purba, Agus Setyonegoro, Herman Budiyono, Imam Suwardi Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model contextual teaching and learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA N 8 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah pelakasanaan penerapan model contextual teaching and learning dalam mengajarkan teks eksplanasi. Sumber data dalam penelitian ini hasil belajar teks eksplanasi yang diperoleh dari hasil menulis siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya variasi mengajar menggunakan model contextual teaching and learning, proses pembelajaran mengenai menulis teks eksplanasi menjadi menyenangkan dan siswa terlihat sangat antusias, disamping itu model ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang telah diberikan. Setelah diterapkan terdapat kekurangan dan kelebihan dalam model tersebut. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model contextual teaching and learnig meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

 

Kata Kunci: menulis, model CTL, teks eksplanasi


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dankontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Agustinova. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek. Calpulis.

Djaelani. (2013). Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Pawiyatan, 20(1).

Febriana, R. 2019. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara

Hasanah. (2016). Penerapan Metode Membaca sebagai Upaya Mengatasi Membaca Permulaan pada Anak Disleksia. Seminar Nasional Riksa Bahasa X Literasi Dan Budaya Bangsa.

Handayani, N. P. (2019). Pembelajaran materi suhu dan energi panas menggunakan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) pada siswa mi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. https://eprints.umsida.ac.id/4014/

Maryana, S., dan Sukmawati, W. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Pendekatan Contextual Teaching dan Learning (CTL). Vol 7 No 4 PP 205-212

Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9970

Article Metrics

Abstract - 140 PDF - 95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats