PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TEKS CERPEN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DAN MANDIRI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan telah memicu berbagai inovasi dalam proses pembelajaran. Hal ini menuntut guru untuk lebih inovatif dalam menyampaikan materi agar dapat menarik perhatian siswa serta meningkatkan pemahaman mereka. Salah satu materi yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah teks cerpen. Namun, dalam penerapannya, pembelajaran cerpen sering kali kurang menarik karena masih didominasi oleh metode tradisional, seperti ceramah dan diskusi yang minim penggunaan media interaktif. Akibatnya, banyak siswa kurang termotivasi dalam memahami struktur, unsur intrinsik, serta nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audiovisual Powtoon pada materi teks cerpen yang berbasis pendidikan karakter kreatif dan mandiri untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Peneliti dalam penelitian ini telah mendapatkan beberapa teori dan kartu data, serta analisis kata kerja operasional dari berbagai buku teks. Selain itu, instrumen divalidasi oleh steakeholder dan pakar. Fokus Grup Diskusi (FGD) digunakan untuk memastikan keabsahan data penelitian. Analisis data menggunakan proses reduksi, sajian, dan verifikasi. Ditemukan dalam penelitian ini terdapat tiga tahap pengembangan pendahuluan, pengembangan, dan pengujian digunakan untuk mengajar siswa kelas VII SMP N 3 Kalasan teks cerpen menggunakan media audiovisual.
Kata kunci: Powtoon, Pendidikan Karakter, Teks Cerpen
Full Text:
PDFReferences
Agus C, Cahyanti P. A. B., Widodo B., Yulia Y., & Rochmiyati S. 2019. Cultural-Based Education of Tamansiswa as a Locomotive of Indonesian Education System. In: Leal Filho W. et al. (eds). Universities as Living Labs for Sustainable Development. World Sustainability Series. Springer, Cham. Print ISBN 98-3-030-15603-9 Online
Ariyanto, dkk. 2018. “Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendiskrpsikan Pelaku-pelaku Ekonomi Dalam Sistim Perekonomian Indonesia”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol: 12. No: 1.
Borg, W. R., & Gall, M. 1989. Education Research: An Introduction (4th Edition). New York: Longman Publisher.
Heri, E. (2019). Menggagas Sebuah Cerpen. Semarang: Alprin.
Hudhana, W. D., dan Ibrahim, S. (2024). Persepsi Siswa Sekolah Dasar Jawa Tengah Mengenai Penggunaan Media Pembelajaran Cerita Rakyat Berbasis Digital Bermuatan Pendidikan Karakter. Lingua Rima. 13 (3) PP 207-220
Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nanda, V. and Budimansyah, D. (2020). Strengthening of digital media literacy-based character education on hoax news spreading to students (case study on citizenship education learning in smp negeri 2 bandung). Journal of International Conference Proceedings, 3(1), 283-290. https://doi.org/10.32535/jicp.v2i4.804
Putro, D.B.W. (2019). The Application of Vertical and Horizontal Character Education in Junior High School Indonesian Textbooks. International Conference on Technology, Education and Science (pp. 187–192). Yogyakarta.
Rochmiyati, S., Putro, D. B. W., & Lestari, E. (2021). The Implementation Of Discipline And Responsibility Through Procedure Texts In High Schools Students’ Textbooks. Tamansiswa International Journal in Education and Science (TIJES), 2(2), 23–30. https://doi.org/10.30738/tijes.v2i2.9939
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12650
Article Metrics
Abstract - 505 PDF - 327Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.