Innovative Approaches in Developing Multicultural-Based Islamic Religious Education Curriculum
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. (2013). Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Dalam Teori Konsep dan Analisis. Prestasi Pustaka.
Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50.
Arifin, A. (2011). Komunikasi politik: filsafat, paradigma, teori, tujuan, strategi, dan komunikasi politik Indonesia. Graha Ilmu.
Bahri, S. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme di Indonesia (Landasan Filosofis dan Psikologis Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(1), 69–88.
Bahri, S. (2021). INOVASI KURIKULUM PAI BERBASIS MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, null, null. https://doi.org/10.47574/kalam.v8i2.94
Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga.
Banks, J. A. (2001). Multicultural Education: Historical Development, Dimensions, and Practice. In Handbook of Research on Multicultural Education (pp. 138–140). Jossey-Bass.
Bashori, B., Prasetyo, M. A. M., & Susanto, E. (2020). Change Management Transfromation In Islamic Education Of Indonesia. Social Work and Education, 7(1), 84–99.
Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).
Daga, A. T. (2020). Kebijakan pengembangan kurikulum di sekolah dasar (sebuah tinjauan kurikulum 2006 hingga kebijakan merdeka belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103–110.
Ghofir, J., & Umam, H. (2020). Transformasi Nilai Pendidikan Keberagamaan pada Generasi Milenial. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(1), 92–111.
Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Handoyo, E. (2005). Studi Masyarakat Indonesia. Ombak.
Hasan, M. T. (2016). Pendidikan Multikultural, Sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Unisma.
Havadi Nagy, K. X., & Espinosa Segui, A. (2020). Experiences of community-based tourism in Romania: Chances and challenges. Journal of Tourism Analysis: Revista de Análisis Turístico, 27(2), 143–163.
Juwaini, J. (2023). Revitalisasi Peran Filsafat sebagai Proses Transformasi Masyarakat Multikultural. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 4(1), 102–118.
Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292–7302.
Kötter, T. (2019). Urban development. The Bonn Handbook of Globality: Volume 1, 701–712.
Lestari, J. (2020). Pluralisme Agama di Indonesia: Tantangan dan Peluang Bagi Keutuhan Bangsa. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 1(1), 29–38.
Mahfud, C. (2006). Pendidikan Multikultural. Pustaka Pelajar.
McKenney, S., & Reeves, T. C. (2021). Educational design research: Portraying, conducting, and enhancing productive scholarship. Medical Education, 55(1), 82–92.
Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung:Remaja Rosdakarya.
Nasikun. (1993). Sistem Sosial Indonesia,. PT. Raja Grafindo Persada.
Nasir, M., & Samarinda, I. (2016). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN. Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Syamil.
Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Rozi, F., & Aminullah, M. (2021). Inovasi Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. MANAZHIM, null, null. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1286
Saihu, Aziz, A., Mubin, F., & Sarnoto, A. Z. (2020). Design of islamic education based on local wisdom (An analysis of social learning theories in forming character through ngejot tradition in bali). International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6).
Saihu, M. (2019). Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama di Jembrana-Bali). Deepublish.
Saihu, M. (2022). Manajemen Kurikulum Integratif Di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 5(1), 79–89.
Saihu, S. (2018). PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURALISME. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(2), 170–187.
Shofa, A. M. A. (2020). Sejarah Panjang Pendidikan Karakter di Indonesia Pada Era Proklamasi Kemerdekaan Sampai Era Reformasi. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 73–90.
Sihotang, H., Limbong, M., Simbolon, B. R., Tampubolon, H., & Silalahi, M. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam mengimlementasikan kurikulum 2013 dalam education 4.0. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 223–234.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Tanrere, S. B., Sastradiarharja, J., & Mustaqim, A. (2019). Pengaruh Pemahaman Orangtua Tentang Pendidikan dan Profesionalisme Guru Terhadap Minat Baca Al-Qur’an Siswa SMP Al-Islam Al-Kautsar Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan. Alim: Journal of Islamic, Vol. I(2), 389–400.
Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi Di Era Digital Dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194
Winda, W. (2022). Konsep dan Kedudukan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Madrasah dalam UU Sisdiknas 2003. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(1), 19–27.
Yusuf, M., & Sohiron, S. (2020). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Tinggi (Implementasi Kurikulum berbasis KKNI pada Program Sarjana Melalui Pendekatan Andragogi). Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 53–62.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkip.v7i1.13934
Article Metrics
Abstract - 49 PDF - 38Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy
Universitas Muhammadiyah Tangerang.
JL. Perintis Kemerdekaan No 1/33, Babakan, Cikokol Kec. Tangerang, Kota Tangerang, 15117, Banten, Indonesia
Email:
Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2657-1285| e-ISSN 2656-8756